BSP unit Kalteng Bangun Sarana Air Bersih

Kebutuhan air bersih dan sarana pendidikan menjadi prioritas kebutuhan masyarakat di salah satu desa terdekat dengan kebun PT Menthobi Makmur Lestari, unit PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (Grup Bakrie) yang berlokasi di Kecamatan Bulik, Lamandau. Perusahaan merespon dan merealisasikan gagasan tersebut sebagaimana menjadi komitmen perusahaan dalam program tanggung jawab sosial perusahaan.

Vice President CSR Grup BSP, Suwandi bersama Business Unit Head (BUH) BSP-Kalteng, Kiki Syahruna, Camat Bulik diwakili Syaifuddin meninjau langsung lokasi dan pembangunan sarana air bersih di desa Guci, Kec. Bulik, Lamandau dan menyerahkan satu unit genset kepada kepala sekolah SD Guci-1 pada 21 Agustus 2008 lalu. Perusahaan juga menyerahkan paket saran olah raga volly kepada tokoh masyarakat Guci dan disaksikan warga desa lainnya yang gemar berolah raga di sore hari.

Dalam penjelasannya, Suwandi mengemukakan bentuk-bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, atau dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) di seluruh unit perusahaan di Indonesia kepada masyarakat sekitar perusahaan. “ Setiap unit perusahaan kami mempraktekkan kegiatan CSR dalam beberapa bidang, di antaranya bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, infratsruktur, lingkungan dan donasi bencana” jelasnya.

“ Setiap rupiah yang dihasil Bakrie harus bermanfaat bagi orang banyak” kutip Suwandi dari pendiri Grup Bakrie, Alm. H. Achmad Bakrie mengenai filosofi nilai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan.

Sementara menanggapi beberapa pertanyaan warga dalam kegiatan silaturahmi itu, Kiki Syahruna menerangkan komitmen dan upaya perusahaan berkembang bersama masyarakat. “ Seiring perkembangan perusahaan dan harapan turut memberdayakan masyarakat, maka sebagian keuntungan perusahaan akan diberikan dalam bentuk kegiatan sosial yang lebih beragam dan meliputi beberapa desa terdekat sebagaimana kebijakan perusahaan ” jelasnya.

Berbagai pengalaman di unit usaha perusahan butuh dukungan dan sinergi yang kuat antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat. “ Sehingga dukungan dan kerjasama yang baik antara perusahaan, masyarakat dan pemerintah daerah sangat kita perlukan dalam berbagai kegiatan di sini” harap Suwandi.

Salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut, berharap kepada perusahaan dapat lebih memperhatikan kondisi sosial masyarakat Guci khususnya. “ Apa yang bapak-bapak sampaikan kepada kami, jika terealisasi dengan baik sebagaimana bantuan pada hari ini, maka akan menjadi hal yang membahagiakan kami, masyarakat Guci” ungkapnya dengan penuh harap. *

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s