Geliat Program CSR di Kisaran dan Labuhan Batu

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk menggelar serangkaian kegiatan sosial di Kisaran dan Labuhan Batu. Bentuk-bentuk kegiatan CSR meliputi kegiatan dalam bidang pendidikan, keagamaan, kepemudaan, olahraga serta infrastruktur. Kegiatan pertama berlangsung di BSP unit Sumut I, Kisaran, 25 Agustus 2008 dan kegiatan kedua dilaksanakan di BSP unit Sumut II, Labuhan Batu, 26 Agustus 2008.

Bertempat di Bakrie Club, Kisaran, kegiatan CSR di BSP unit Sumut dihadiri oleh Bupati Asahan, Drs. H. Risudin bersama Direktur Utama PT BSP Tbk yang diwakili oleh Direktur Komersial, Bambang A. Wisena. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Direktur Operasional, Howard J. Sargeant, Rubber Business Head, Supatno Handoko, Vice President CSR, Suwandi, Head Business Unit Sumut I, Nahum Panggabean, unsur muspida, guru-guru, tokoh masyarakat sekitar serta staff/karyawan PT BSP unit Sumut I.

Pada tahun ini jumlah beasiswa yang diberikan mencapai 201 beasiswa, meningkat pesat dari tahun lalu sebesar 159 beasiswa. Jumlah 201 siswa terdiri dari 108 siswa SD, 48 siswa SMP, 45 siswa SMA yang berasal dari 67 sekolah di Asahan dan sekitarnya. Masing-masing siswa menerima dana sebesar Rp 600.000,- (SD), Rp. 780.000,- (SMP) dan Rp.900.000 (SMA). Selain beasiswa, perusahaan menyerahkan komitmen rencana merenovasi 7 (tujuh) unit gedung SD kepada tiga perwakilan kepala sekolah.

Dalam kegiatan di bidang ekonomi, perusahaan memberikan bantuan sarana kerja kepada UKM Pandai Besi binaan PT BSP Kisaran sebagai lanjutan kesepakatan kerjasama yang telah dilakukan bulan Juli lalu. Dalam bidang infrastruktur, bantuan diberikan dalam bentuk pembuatan satu paket sumur bor kepada masyarakat di desa Tanah Raja dan bantuan pengerasan jalan di desa Tinggi Raja. Sementara di bidang keagamaan, kegiatan berupa pemberian secara simbolis kunci kantor Masjid Agung Kisaran dan pelataran jalan yang telah selesai dibangun oleh perusahaan diterima oleh ketua DKM Masjid Agung Kisaran.

Tak ketinggalan, di bidang olahraga, perusahaan menyerahkan hadiah kejuaraan bulutangkis memperebutkan Piala Direksi ke-7 tahun 2008 yang diikuti 18 klub bulutangkis, Persatuan Bulutangkis (PB) di Kabupaten Asahan, Batubara dan Tanjung Balai. Keluar sebagai juara umum dimenangkan oleh tim BSP, juara kedua PB Sempurna dan juara ketiga oleh PB Sahati.

Akhir sambutan Direktur Utama, disampaikan apresiasi atas prestasi PT BSP Unit Sumut I dalam pencapaian yang menggembirakan tahun 2008 ini. Hal ini buktikan dengan diperolehnya sertifikasi PROPER dengan kategori Biru (taat) oleh kementerian Lingkungan Hidup. Pretasi lainnya adalah penghargaan yang diberikan Kementerian Koperasi dan UKM kepada koperasi karyawan PT BSP unit Sumut I sebagai 100 koperasi karyawan terbesar di Indonesia.

CSR Pertama Pasca Akuisisi
Di tahun 2007 lalu perkembangan perusahaan berlangsung cepat. PT BSP melakukan beberapa ekspansi dengan akuisisi, dan salah satu satu perusahaan yang diakuisisi oleh perusahaan adalah PT Gradura Leidongprima (PT GLP), perusahaan perkebunan sawit di Labuhan Batu. Setelah resmi menjadi bagian dari PT BSP, sebagaimana kebijakan CSR perusahaan maka PT GLP akan melakukan kegiatan CSR-nya yang pertama. Kegiatan CSR terpadu ini merupakan bagian yang terintegrasi dari bisnis inti perusahaan. Kegiatan ini menjadi penting dilakukan agar kehadiran perusahaan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah dan memiliki manfaat nyata bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Untuk pertama kalinya sejak bergabung dengan PT BSP, perusahaan memberikan beasiswa kepada 45 siswa (36 siswa SD dan 9 siswa SMP) yang berprestasi serta bantuan sarana pendidikan untuk 5 sekolah di sekitar perusahaan. Dalam bidang kepemudaan, diberikan bantuan sarana dan kegiatan olahraga bagi 7 (tujuh) desa sekitar perusahaan, serta pembinaan kepemudaan di 5 desa lainnya.

Lebih lanjut, diberikan juga perbaikan di bidang infrastruktur dalam bentuk perbaikan jalan dan jembatan masyarakat. Nilai bantuan jalan sebesar 120 juta rupiah dan perbaikan jembatan sebesar 22 juta rupiah.
Berkenaan dengan menjelang awal bulan Ramadhan, perusahaan juga membagikan secara simbolis paket sembako dan bantuan tali asih. Dengan bantuan tersebut, diharapkan para jompo, anak yatim dan miskin bisa menunaikan kewajiban dengan penuh kegembiraan sebagaimana umat Islam lainnya.

Tampak dalam gambar, perusahaan juga akan membangun mesjid di depan kantor perusahaan yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan dan masyarakat. Awal pembangunan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Bambang A. Wisena didampingi Howard J. Sargeant dan pimpinan BSP lainnya.

Kegiatan CSR adalah bagian dari upaya dan berpartisipasi perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat. Kepedulian perusahaan ini perlu disemarakkan, diberi apresiasi dan bersinergi dengan berbagai pihak. “Dalam mendorong perkembangan perekonomian di Indonesia, kita perlu banyak aksi, bekerjasama dan menghindari saling menyalahkan satu sama lain. Sehingga kegiatan CSR perlu ditampakkan untuk memberi inspirasi bagi rekan-rekan perusahaan lainnya.” Jelas Bambang A. Wisena menjawab pertanyaan wartawan yang turut hadir baik acara di Kisaran maupun di Labuhan Batu.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s