PT BSP Selangkah Lebih Maju dalam CSR

Demikian ungkapan Bupati Bengkulu Utara. H. Imron Rosyadi, MM menilai keberadaan PT Air Muring, salah satu unit usaha PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (BSP) di Bengkulu Utara dalam melaksanakan kegiatan sosial perusahaan. Bupati Bengkulu Utara hadir bersama Direktur Utama BSP, Ambono Janurianto masing-masing memberikan sambutan dan pesan-pesan kepada seluruh undangan mengenai kegiatan sosial, perkembangan daerah, perusahaan dan perkuatan kerjasama.

Bupati Bengkulu Utara dan Direktur Utama BSP memberikan sejumlah beasiswa, penanaman pohon dan meninjau langsung salah satu pohon karet di kebun perusahaan yang terletak di depan lokasi pelaksanaan kegiatan.

PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk unit Sumbagsel telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial sebagai perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut berupa penghijauan 1.250 pohon, 30 beasiswa, bantuan sarana belajar 3 unit komputer dan perbaikan gedung sekolah yang dilaksanakan di desa Air Muring, Kec. Putri Hijau, Kab. Bengkulu Utara awal bulan Agustus lalu.

Pelaksanaan kegiatan terpadu di dalam kebun perusahaan, tepatnya 5 Agustus 2008 yang tampak dihadiri oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Imron Rosyadi, MM bersama Kapolres, Dandim serta unsur pemda lainnya. Kemeriahan acara dengan hadirnya President Director BSP, Ambono Janurianto bersama jajarannya yakni Rubber Business Head, Soepatno Handoko, Vice President CSR BSP, Suwandi, Business Unit Head BSP unit Sumbagsel, Darwin Daud, serta para Kepala Sekolah, siswa penerima beasiswa, tokoh masyarakat dan karyawan BSP unit Sumbagsel.

Rangkaian kegiatan yang diawali pemberian bantuan dalam bidang pendidikan, berupa beasiswa sebanyak 30 siswa yakni 10 orang siswa SD, 10 orang siswa SLTP, dan 10 orang siswa SLTA yang berprestasi. Acara disusul dengan dengan penyerahan secara simbolis bantuan sarana belajar berupa 2 unit komputer, 15 UPS, mesin genset listrik 10 PK beserta bantuan instalasi listrik kepada SMUN 1 Kecamatan Putri Hijau. Dalam kesempatan itu, perusahaan juga memberikan satu unit komputer untuk kantor baru Kecamatan Putri Hijau dan bantuan perbaikan bangunan sekolah TK Cempaka senilai 30 juta rupiah.

Acara puncak dilakukan dengan kegiatan penghijauan, yakni penanaman 1000 batang pohon Mahoni dan 250 batang pohon Glodok Tiang yang ditanam di sepanjang jalan raya provinsi. Sebagaimana dalam gambar, penanaman pohon dilakukan secara bersama-sama oleh bupati Bengkulu Utara, bersama direktur utama perusahaan PT BSP dan pimpinan perusahaan dan undangan lainnya.

Secara umum penyelenggaraan kegiatan ditujukan untuk memupuk semangat kebersamaan dan keharmonisan tripartid (masyarakat, perusahaan dan pemerintah) serta menunjukkan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

”Kami meyadari bahwa sebuah perusahaan tidak bisa hidup sendiri, terisolasi tanpa memperhatikan unsur-unsur lainnya dalam masyarakat. Kita harus mampu mewujudkan keharmonisan baik antara perusahaan dengan masyarakat, dengan pemerintah dan sebaliknya”, jelas Ambono Janurianto dalam sambutannya.
Sementara Bupati Bengkulu Utara menyambut baik melihat langkah maju perusahaan PT BSP dan unit usahanya dalam melaksanakan kegiatan CSR di Air Muring.

Manfaat kegiatan CSR dapat berarti terhadap kehidupan bagi masyarakat hari ini, esok dan masa yang datang. Demikian kondisi itu pun akan memberikan efek dukungan terhadap aktivitas perusahaan dan manfaat lainnya. Kegiatan CSR bisa memberikan manfaat yang berarti untuk sekarang dan hari esok, sehingga akan semakin baik bila banyak pihak lain yang mengikuti jejak tersebut untuk sumbangan anak cucu kelak. ***

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s