96 Siswa Berprestasi Terima Beasiswa BSP

Sebanyak 96 siswa berprestasi dan dhuafa menerima beasiswa dari PT Huma Indah Mekar, salah satu unit usaha PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (BSP) di Tulang Bawang, Lampung (12/09/2007). Kegiatan sosial perusahaan bidang pendidikan tersebut diselenggarakan berkat kerjasama perusahaan dengan Yayasan SMP Bina Desa, Tulang Bawah Tengah, Lampung serta berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan & Pengajaran Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan ini sebagai bagian wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar kebun atau sering dikenal sebagai program Corporate Social Responsibility/ Community Development (CSR/CD).

Beasiswa diserahkan secara langsung oleh Direktur HIM, Supatno Handoko, Operasional Vice President, H. Darwin Daud, Vice President CSR/CD Grup BSP, Suwandi dan Advisor HIM, Sofyan Toyib. Dalam acara tampak ikut serta menyaksikan kegiatan yang digagas dan yang pertama kali diselenggarakan oleh HIM antara lain Kepala Dikjar Tulang Bawang, Camat Tulang Bawang Tengah, Kepala Sekolah SMP Bina Desa, Slamet Setiawan A.Md., Manager Estate, Rudi Siregar, orang tua siswa, kepala sekolah dan staf HIM.

Direktur HIM, Supatno Handoko dalam sambutannya bahwa hakikat hidup bermasyarakat adalah kebersamaan dan silaturahmi. Dengan kedua hal tersebut, baik perusahaan maupun masyarakat dan pemerintah akan dapat mewujudkan kondisi kehidupan yang lebih kondusif, saling percaya dan akhirnya memudahkan proses pembangunan. Demikian beasiswa perusahaan hanyalah stimulan, memotivasi siapa saja untuk mendorong sikap kebersamaan dan kepedulian.

Sementara itu Vice President CSR/CD Grup BSP Suwandi menjelaskan bidang pendidikan adalah salah satu prioritas utama program CSR BSP. “ Kita pendidikan adalah bagian kebutuhan pokok masyarakat selain pangan, papan dan sandan. Kita pun menyadari dan prihatin pemerintah ternyata belum mampu mewujudkan pendidikan murah sebagaimana amanah UUD 1945, sehingga prioritas CSR perusahaan di bidang pendidikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah agar para murid lebih termotivasi belajar sehingga prestasi murid semakin baik. “ jelas Suwandi.

Bukti nyata prioritas kegiatan di bidang pendidikan dengan didirikannya SMP Bina Desa yang dikelola oleh Yayasan Huma Indah Mekar yang berada di dalam kawasan kebun PT Huma Indah Mekar. Setiap tahun, sekolah ini mendapatkan bantuan operasional (honor guru & karyawan) dan bantuan infrastruktur sekolah lainnya dari HIM.

Supatno Handoko berharap pada momentum kegiatan pemberian beasiswa, masyarakat turut membantu dan berdoa agar produksi karet HIM bertambah meningkat serta perusahaan juga bertambah dekat masyarakat dengan kegiatan CSR, dan masyarakat pun semakin memahami keberadaan perusahaan. “ Di hari-hari esok, selama perusahaan beroperasi maka kegiatan CSR/CD penting dan terus kita selenggarakan. Dengan adanya kegiatan CSR juga menunjukkan kemajuan usaha perusahaan, tentu akan bertambah maju lagi berkat doa masyarakat luas “ harap Supatno.

Suwandi juga berharap dengan adanya dukungan masyarakat sekitar dan pemerintah daerah, HIM mampu berkembang lebih maju, target produksi tercapai secara maksimal dan para karyawan/staf bisa bekerja dengan suasana yang kondusif. Dengan demikian, tentunya pula kemajuan perusahaan juga akan berdampak lebih baik terhadap kontribusinya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di Tulang Bawang. ***

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s