Layanan Kesehatan Gratis di Sikabau

Kepedulian dan kebersamaan terhadap lingkungan sekitar diwujudkan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk unit Sumbar (BSP) melalui kegiatan Layanan Kesehatan bagi masyarakat di Jorong Sikabau. Demikian hal ini ditunjukkan oleh BSP unit Sumbar menjalin kerjasama dengan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah), Korem 032 Wirabraja, 5 Maret 2008 lalu.

Sekitar 800 orang atau dari 350 KK di Jorong/desa Sikabau, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat berbondong-bondong mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan untuk berobat secara gratis. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari yang dilayani oleh 27 orang dari Denkesyah (terdiri dari 7 dokter, sisanya paramedis dan administrasi), dan berbagai macam obat-obatan disediakan sesuai informasi dari hasil survey awal tentang kondisi kesehatan masyarakat Sikabau. Layanan kegiatan berupa penyuluhan, pengobatan, pemeriksaan ibu hamil dan sunatan.

“Pemilihan Jorong Sikabau sebagai tempat pelaksanaan program CSR kesehatan ini tidak asal tunjuk, tetapi melalui kajian dan survey tim perusahaan dan universitas. Setelah memungkinkan dan segala sesuatunya memungkinkan, kami putuskan untuk melaksanaknnya” ujar Suwandi.

Tampak menghadiri kegiatan tersebut Dandim, Letkol. Ramses L. Tobing (mewakili Danrem), Dan Denkesyah Padang, Letkol. Ckm. Dr.Muchammad Munif, bersama jajaran Denkesyah, Vice President CSR BSP Suwandi, Unit Head BSP Sumbar, Muspida, Muspika serta tokoh masyarakat Sikabau. Pengobatan mulai dilaksanakan usai pembukaan dan sambutan-sambutan dari pihak perusahaan dan Dandim. Kegiatan dipusatkan
Kegiatan layanan kesehatan gratis dilaksanakan oleh BSP unit Sumbar di Pasaman Barat berdasarkan kondisi wilayah Jorong/Desa Sikabau yang selama ini masih terbatas dalam memeroleh layanan kesehatan dan letak jorong tersebut di sekitar kebun BSP.

Kondisi tersebut ditunjang pula oleh berbagai faktor, antara lain letak Jorong Sikabau yang jauh dari akses jalan raya, sarana listrik belum terpasang, dan kondisi ekonomi yang tergolong masyarakat ekonomi melemah akibat pendapatan masyarakat sebagai nelayan sering merosot mengikui irama kondisi laut.

Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut di atas, diharapkan masyarakat mengetahui kondisi kesehatan masing-masing, mendapat layanan konsultasi pengobatan dan pengobatan secara gratis bagi yang sedang sakit. Perusahaan berharap, melalui kegiatan seperti itu, ada perbaikan kondisi kesehatan masyarakat Sikabau, sehingga dapat bekerja lebih kuat dan berdampak pada perbaikan ekonomi dan sebagainya.

Program kesehatan bagi masyarakat adalah salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility BSP yang telah dirancang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sumber pendanaan berasal dari 1,5 % laba bersih perusahaan yang disediakan setiap tahun untuk program CSR seperti kegiatan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, keagamaan, lingkungan dan infrastrktur serta bantuan untuk korban bencana alam. ***

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s