Pelatihan Community Development ; Strategi Pemberdayaan Masyarakat dan Tindak Lanjutnya

Sejak era reformasi menggantikan era orde baru, peran Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community Development (CD) menjadi semakin penting bagi perusahaan dan dianggap mampu memberikan keunggulan kompetitif (advance competitive). Tapi seringkali kegiatan CSR dan CD dimaknai dengan persepsi yang bermacam-macam, termasuk sebagian internal perusahaan, bahkan terkadang dipandang hanya cost atau “bagi-bagi duit”. Hal demikian bisa dimaklumi karena mulai defenisi, substansi, lingkup kegiatan serta manfaat kegiatan CSR dan CD belum diketahui dan dipahami secara baik.

Berdasarkan kecenderungan itu, Departemen CSR/CD BSP bekerjasama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD) mengadakan pelatihan selama CSR/CD selama 2 (dua) hari. Kegiatan pelatihan mengusung tema “ Strategi Pemberdayaan masyarakat dan tindak lanjutnya” yang telah dilaksanakan di Pasaman, Sumatera Barat dan Kisaran, Sumatera Utara. Rencana berikutnya akan dilaksanakan di unit-unit usaha BSP lainnya.

Pelatihan pertama kali diselenggarakan pada tanggal 28-29 April 2008 di ruang serba guna, Bakrie Pasaman Plantations. Pembukaan acara oleh BUH BSP unit Sumbar, Kardi Maryoto bersama Vice President CSR diikuti sebanyak 33 peserta dari beberapa divisi.

Pelatihan kedua dilaksananakan pada tanggal tanggal 28-29 Mei 2008 di Bakrie Club, BSP unit Sumut 1. Pembukaan acara oleh Rubber Business Head, Supatno Handoko bersama BUH BSP unit Sumut 1, Nahum Panggabean dan VP CSR BSP, Suwandi dengan peserta berasal dari BSP unit Sumut 1 dan Sumut 2 sebanyak 30 orang.

Menyadari bahwa program-program Community Development (CD) bagi perusahaan tidak hanya menjadi tanggung jawab sosial semata, tetapi juga sebuah social investment yang pada masa sekarang dan merupakan bagian integral dari skema keamanan berbisnis dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Maka, manajer dan asisten manajer yang terkait dengan CD dijadikan target pelatihan kali ini.

Pelatihan tersebut diharapkan peserta memiliki persepsi yang sama dan mengetahui strategi pengelolaan program CSR/CD perusahaan yang pada akhirnya manfaat program bagi terwujudnya perusahaan yang berkelanjutan dan internal perusahaan. Tujuan berikutnya, pelatihan untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran perbaikan dari peserta mulai dari budget, jenis kegiatan dan pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini.

“CSR dapat membantu perusahaan memperbaiki financial performance dan akses pada modal, meningkatkan corporate image dan penjualan/layanan jasa, memelihara kualitas kerja, memperbaiki keputusan pada isu-isu kritis, menangani resiko secara lebih efisien dan mengurangi cost jangka panjang” tutur Iskandar Sembiring, master trainer CFCD dengan cara gaya bicaranya yang khas.

Materi pelatihan antara lain konsep dasar, prinsip-prinsip CSR dan CD, pengorganisasian, hingga materi konflik. Metode pelatihan dengan presentasi, studi kasus, diskusi kelompok, dan ice breaking. Dalam setiap diskusi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok diberikan tugas untuk melakukan analisa dan memecahkan kasus kegiatan CSR yang ada di sekitar perusahaan dengan pendekatan partisipatif.

Akhir kegiatan, peserta pelatihan diminta membuat bagan masalah dan bagan penyelesaian masalah sebagai bagian dari identifikasi kebutuhan untuk program CSR/CD di tahun mendatang. Hasil kerja kelompok tersebut menjadi masukan yang berarti bagi CSR BSP. Agar ke depannya divisi CSR/CD unit BSP mampu membuat dan mengelola program CSR yang lebih baik dan efektif.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s