Pelatihan Tim Inti; Upaya Melindungi Tenaga Kerja dari HIV&AIDS Sejak Dini

HIV& AIDS membawa dampak buruk bagi tenaga kerja dunia, terdapat publikasi mengejutkan dari ILO (Organisasi Buruh Internasional) bahwa diperkirakan 1,3 juta pekerja baru hilang setiap tahun antara tahun 1992 dan 2004 akibat virus ini, dan menewaskan hampir 3,5 juta warga usia kerja pada tahun 2005. Di Indonesia sendiri, kasus HIV&AIDS paling banyak dialami oleh penduduk berusia produktif, 20-29 tahun, dengan 80% di antaranya berjenis kelamin laki-laki.

Melihat kenyataan di atas terhadap bahaya perkembangan HIV&AIDS, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (BSP) bekerjasama dengan Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI) di bawah komando Marie Muhammad,menggelar Pelatihan Tim Inti Pencegahan Bahaya HIV/AIDS dan Narkoba di BSP unit Sumbar, Pasaman Barat ( 6 Maret 2008) dan di BSP unit Jambi, kota Jambi (18 Maret 2008).

Pelatihan pertama di Pasaman Barat diikuti sebanyak 40 orang karyawan dari beberapa divisi dan estate. Tampak hadir dan membuka acara di Pasaman, Vice President CSR, Suwandi bersama pimpinan BSP unit Sumbar setelah mengikuti kegiatan layanan kesehatan di Jorong Sikabau sehari sebelumnya (5/03/08).

Sedangkan peserta pelatihan di Jambi sebanyak 33 orang yang berasal dari beberapa unit usaha BSP dan perusahaan di sekitar Jambi di antaranya dari Agrowiyana, SNP, Project Tebo, EMAL, Jambi Agro Wijaya, GIN dan Nibung. Turut hadir dalam pelatihan tersebut, BSP Unit Head Jambi Hepi Sapirman dan Vice President CSR BSP Suwandi, serta undangan lainnya.

Tujuan pelatihan itu sebagai langkah sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan narkoba serta upaya menciptakan dunia kerja yang clean & clear dari penyakit yang belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Materi pelatihan yang disajikan secara baik dan pendekatan orang dewasa oleh beberapa pelatih berpengalaman dari KKI. Materi pelatihan yang diberikan di antaranya tentang epidemi HIV&AIDS di dunia dan di Indonesia, pengetahuan virus HIV & AIDS dan penyakit menular lainnya, pengetahuan jenis-jenis Narkoba, informasi kondom.

Pembelajaran berikutnya, para pelatih memandu seluruh peserta secara berkelompok membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan diberikan keterampilan melatih ketika melaksanakan RTL yang telah dibuat di lokasi kerja masing-masing.

Kerjasama BSP dan KKI akan dilanjutkan di beberapa lokasi unit usaha lainnya. Pelatihan ini sebagai wujud kepedulian BSP dalam upaya mendukung kampanye pencegahan HIV& AIDS di seluruh dunia sebagaimana tema kampanye tahun 2007/2008 adalah “Stop AIDS. Keep The Promise – Take The Lead”.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s