Sunatan Massal di Masa Liburan Sekolah

PT Bakrie Sumatera Plantations (BSP) melalui salah satu unit usahanya di PT Air Muring memanfaatkan masa liburan sekolah dengan menyelenggarakan kegiatan sunatan massal, di Air Muring, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara 10 Juli 2007 kemarin. Sebanyak 61 anak berasal dari 9 desa sekitar perusahaan ikut acara sunatan yang di selenggarakan di halaman Masjid Nurul Iman, PT Air Muring. Pada Unit Sumbagsel lainnya (PT Huma Indah Mekar) juga telah menyelenggarakan acara serupa pada 5 Juli 2007 dengan jumlah peserta sunatan sebanyak 92 anak di Tulang Bawang.

Turut menghadiri acara dan memberi sambutan acara di Air Muring adalah Vice President Operational BSP unit Sumbagsel-PT Air Muring, H.Darwin Daud, Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Imron Rosyadi, MM, Anggota Dewan, Muspida setempat, staf perusahaan, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. Sedangkan undangan yang hadir di HIM antara lain kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Agus Mardi Martono, Kapolres Tuba AKBP Drs. Suyono, MM, Camat Tulang Bawang Tengah, A. marwazie, SE serta manajemen BSP, Vice President CSR, Suwandi, Vice President Operational BSP unit Sumbagsel-PT Air Muring, H.Darwin Daud serta Advisor HIM, Sofyan Thoib.

Dalam sambutan Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Imron Rosyadi. MM menyambut dengan antusias kegiatan tersebut dan berharap kegiatan seperti sunatan bisa memotivasi perusahaan lain di Bengkulu Utara supaya dapat menyelenggarakan kegiatan serupa. ”Saya juga ingin berkunjung ke perusahaan dengan acara-acara seperti ini. Karena semakin tinggi kepedulian sosial perusahaan, akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat bertambah lebih baik” demikian harapan Bupati kepada hadirin dan masyrakat luas.

Menurut Vice President CSR, Suwandi kegiatan sunatan massal rutin diselenggarakan perusahaan sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini ditujukan untuk mengisi dan memanfaatkan waktu liburan sekolah, meningkatkan kerjasama perusahaan dengan masyarakat sebagai bagian dari masyarakat luas.”Acara seperti ini mengandung banyak makna, kita bisa saling mengenal, saling bekerjasama dan perusahaan bisa membantu sesuai kemampuan, dan khusus acara sunatan ditujukan untuk mengisi waktu liburan ” tuturnya.

Sedangkan Operation Vice President, Darwin Daud menjelaskan tahun ini sunatan massal dilaksanakan sebanyak 61 anak dari 9 desa dan acara kali pertama diselenggarakan perusahaan. Sedangkan di khitanan massal yang dihelat HIM pertama kali sebanyak 117 anak, dan kedua kalinya tahun ini sebanyak 92 anak sesuai kemampuan perusahaan. ” Kami berharap kerjasama tim Comdev perusahaan dan Pemda Kecamatan, penggerak PKK bisa menyelenggarakan acara lain, karena kita bukan komunitas tersendiri, sehingga kegiatan CSR semakin efektif dan terkoordinasi baik” imbuhnya.

Darwin mengemukakan bahwa kegiatan CSR adalah upaya perusahaan untuk membuka diri, sehingga perusahaan tidak terkesan masyarakat sendiri. ” kita ingin berbaur, lebih dekat masyarakat dan kegiatan sunatan bukan sampai disini saja, masih banyak kegiatan CSR lagi. Perusahaan merencanakan pemberian beasiswa bulan depan, pelatihan penyadapan, perawatan kulit pohon-pohon karet dan sebagainya ” tambahnya.

Suwandi berharap bantuan sunatan massal dapat membantu orang tua masyarakat khususnya masyarakat muslim menunaikan kewajiban terhadap anak-anak mereka. Penyelenggaraan sunatan secara massal bisa memberi semangat kebersamaan bagi anak-anak dan momentum pengalaman yang berharga, hanya terjadi sekali dalam hidup mereka.*

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s