Tahun lalu 100 siswa dan tahun ini 150 siswa Penerima Beasiswa

Direktur Komersil BSP, Bambang Aria Wisena mengungkapkan peningkatan jumlah penerima beasiswa perusahaan setiap tahun. “Tahun lalu perusahaan memberikan beasiswa kepada 100 siswa, dan tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 150 siswa. Ini berarti sasaran beasiswa yang diberikan semakin luas menjangkau sekolah-sekolah di sekitar kebun. Semua itu dilaksanakan dengan harapan agar seluruh siswa bertambah semangat belajar dan mampu mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi” ucapnya dalam sambutan kegiatan CSR BSP unit sumbar akhir April 2008 lalu.

Sebagai perwujudan tanggung jawab perusahaan, akhir April 2008 lalu, BSP unit Sumbar (PT Bakrie Pasaman Plantations) menyerahkan beasiswa kepada 150 siswa berprestasi di tingkat SD, SMP, dan SMA berupa medali dan uang kontan di Nagari Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Satu rangkaian dengan kegiatan beasiswa, perusahaan juga mengundang Bupati menyaksikan program kemitraan ternak sapi bergulir kepada peternak setempat.

Beasiswa diserahkan secara langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Drs. H. Syahiran, MM, bersama Direktur Komersil BSP, Bambang Aria Wisena, BUH BSP unit Sumbar, Kardi Maryoto dan Vice President CSR BSP, Suwandi dan beberapa undangan lainnya. Tampak dalam gambar kegiatan pemberian beasiswa dan penandatanganan kerjasama ternak sapi bergulir dihadapan undangan dan siswa.

Dalam penentuan sasaran beasiswa, calon penerima beasiswa diseleksi secara langsung di sekolah-sekolah terdekat dengan perusahaan, yakni Sungai Aur, Lembah Belingkang, Kuta Balingka, dan Sungai Beremas, bekerjasama dengan dinas pendidikan dan pemerintah tingkat kecamatan. Selanjutnya, penentuan penerima beasiswa didasarkan pada nilai tertinggi setiap sekolah dan ditetapkan syarat siswa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

“ Pasaman Barat pantas berbangga, karena dalam 2 tahun terakhir, tingkat kelulusan di Pasaman Barat berada pada rangking ke-2 di SUMBAR dan dengan beasiswa ini siswa semakin terpacu belajar dan berprestasi” ucap Syahiran.

Syahiran juga memuji praktek kegiatan CSR selama ini. ”Perusahaan besar yang berada di sini jumlahnya ada 18 perusahaan, tapi baru sedikit perusahaan saja yang melakukan kegiatan Community Development ke masyarakat, termasuk Bakrie”. Dengan tingkat kemiskinan di Pasaman Barat yang mencapai 42,3%, Ia berharap perusahaan-perusahaan di sekitar BSP sekiranya diundang agar bisa mengikuti jejak langkah kegiatan BSP terhadap masyarakat di sekitarnya.

Menanggapi harapan Syahiran, Direktur Komersil BSP menyampaikan tekad BSP untuk selalu meningkatkan jumlah dan jangkauan kegiatan CSR di setiap unit BSP. ” Sebagaimana kebijakan perusahaan, kita merencanakan juga memberikan tunjangan honor bagi guru-guru berprestasi tahun depan” tegasnya.

Wakil Kepala Sekolah MAN Aer Bange, Zulkarnaen menyambut hangat perhatian perusahaan, “ Anak-anak akan termotivasi dan bersemangat dalam bersaing merebut beasiswa Bakrie, karena yang diambil hanya dari juara 1,2 dan 3 saja” tutur bapak 3 anak ini mengenai pemberian beasiswa BSP. Ia pun menghimbau pemerintah daerah dapat memberikan tunjangan kepada siswa miskin berprestasi dan guru-guru teladan.

Sedangkan bantuan kemitraan dengan peternak tidak diberikan begitu saja (give away) oleh perusahaan, namun dalam bentuk bantuan bergulir. Dimana perusahaan menyediakan hewan ternak (sapi), dan masing-masing kelompok mendapatkan empat ekor sapi serta bantuan pembuatan kandang. Nantinya penyediaan hewan ternak ini akan digulirkan bagi kelompok ternak lainnya.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s