Peduli Pendidikan, BSP Menyelenggarakan CSR Pendidikan di Kisaran

Sektor pendidikan menjadi bagian kebutuhan utama masyarakat, perhatian dan kepedulian semua pihak baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat perlu ditingkatkan. Dalam rangka membangun solidaritas dan turut mendukung program pendidikan pemerintah, BSP menyelenggarakan CSR pendidikan di Kisaran akhir bulan Aguistus 2006 lalu. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang diwakili Sekdaprov Sumut, H. Muchyan Tambuse turut hadir membuka acara dan memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Program CSR Pendidikan. Sedangkan selaku tuan rumah, acara ini juga dihadiri oleh Dirut PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, Ambono Janurianto berserta jajaran staf dan karyawan grup BSP serta dari pihak pemda tampak Sekdakab Asahan, Drs H Ibrahim Usman bersama muspida lainnya. Seluruh rangkaian acara CSR Pendidikan berlangsung di Bakrie Klub. Pada waktu yang sama, BSP juga merangkai CSR pendidikan dengan peresmian BSP Academy.

Pada sambutan Gubernur, ia memberikan apresiasi dan menilai positif kepedulian sosial BSP terhadap masyarakat di sekitarnya, khususnya para pelajar di Asahan. Karena, menurutnya, program corporate social responsibility (CSR) pendidikan sangat sesuai dengan kondisi pendidikan yang sedang kita hadapi.

Dirut PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, Ambono Janurianto pada kesempatan itu juga menyerahkan beasiswa dan tropi ujian tryout kompetensi ke sejumlah pelajar. Kegiatan ini juga dirangkai dengan lomba cerdas cermat tingkat SD, SLTP dan SLTA serta Pameran Ilmu Pengetahuan & Teknologi kerjasama dengan Pusat Peraga Iptek Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dan Balitbang Sumut.

“Keberhasilan, keunggulan dan kelangsungan usaha grup BSP berkaitan dengan kualitas serta kompetensi sumberdaya manusia (SDM), baik SDM internal BSP maupun kondisi SDM Eksternal sebagai stakeholder” ungkap Ambono Janurianto ketika menyampaikan sambutannya pada pembukaan Program CSR pendidikan tersebut. Menurutnya, CSR pendidikan dan BSP Academic merupakan rangkaian kegiatan strategis Grup BSP untuk membangun sumberdaya manusia (SDM) dan merupakan bagian program “Bakrie Untuk Negeri” yang dicanangkan mulai tahun ini. Untuk itu, Grup BSP berkomitmen dan telah memiliki program-program yang terukur dalam pengembangan SDM.

Ambono menyampaikan pula perkembangan “keluarga besar” BSP terdiri dai lebih 11 ribu orang staf dan karyawan, lebih dari 7.500 orang petani kebun plasma dan lebih 2000 orang yang menjadi pegawai rekanan BSP seperti kontraktor, supplier dan usaha jasa pendukung lainnya. Bila setiap orang tersebut mempunyai keluarga terdiri dari 5 orang, maka kegiatan grup BSP akan berdampak pada lebih dari 105.000 orang. Dengan keterlibatan SDM seperti tersebut, BSP selalu ingin menjadi bagian yang memberikan manfaat positif dan nyata kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar kegiatan perusahaan.

Menyadari perhatian dan kepedulian BSP, manajemen BSP grup telah menyusun program untuk membangun dan mengembangkan hubungan yang baik dan positif dengan masyarakat melalui program community development (Comdev) sebagai bagian strategi dan kebijakan CSR. Program pemberdayaan masyarakat mencakup di bidang ekonomi, sosial, keagaamaan, infrastruktur dan pendidikan yang dilaksanakan secara bertahap dan sesuai kebutuhan utama masyarakat serta kemampuan perusahaan.

Selain mengemukakan secara jelas kegiatan comdev BSP, Ambono Janurianto mengatakan,” BSP grup mengalokasikan dana comdev sebesar 1 hingga 1,5 % dari keuntungan bersih usaha (net profit). Untuk itu, pengelolaan dana tersebut perlu upaya yang besar dengan meningkatkan kemampuan SDM pengelola baik ditingkat perusahaan maupun di masyarakat.

Menurut Vice President (VP) Community Development PT BSP Tbk, Suwandi kegiatan CSR pendidikan ini dilaksanakan dengan target jangka menengah dan jangka panjang sehingga dapat memberikan motivasi belajar para pelajar di kabupateen Asahan. Sedangkan untuk waktu yang akan datang prioritas kegiatan comdev BSP akan di titik beratkan kepada sektor pendidikan dan ekonomi. Dilihat dari sisi tujuan, kegiatan comdev BSP diarahkan pada perkuatan atau pemberdayaan masyarakat itu sendiri dengan mendorong partisipasi seluruh stakeholder baik masyarakat, pemerintah dan perusahaan-perusahaan lainnya. sehingga acara seperti ini bertambah meriah, besar dan lebih bermakna serta berkelanjutan.

Kegiatan-kegiatan seperti ini akan dilakukan secara menyeluruh dan terpadu di unit– unit perusahaan yang tergabung dalam BSP grup, yang berlokasi di lima propinsi di Indonesia dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat sekitar, sehingga program-program yang akan dijalankan oleh perusahaan benar-benar diperlukan dan dibutuhlkan oleh masyrakat tersebut. Pendekatan-pendekatan ini sangat penting, karena di era keterbukaan antara masyarakat, pemerintah dan perusahaan harus bergandeng tangan, bekerja sama dan saling bahu membahu sehingga keberadaan suatu perusahaan di suatu daerah dapat memberi manfaat positip baik langsung atau pun tidak langsung kepada daerah yang bersangkutan.

Bahkan ditambahkan oleh Suwandi, kepedulian sosial BSP ini juga menekankan kepada keterlibatan secara aktif oleh seluruh staf dan karyawan BSP sehingga kondisi internal yang kondusif ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih baik lagi.

Sedangkan Siswondo Parman memandang penyelenggaraan kegiatan ini mempunyai manfaat dan kesan yang penting, khususnya bagi guru-guru dan pelajar di Asahan Justru menurutnya, BSP memberikan perhatian tinggi bidang pendidikan karena melalui acara seperti ini para pelajar mendapatkan dorongan, wawasan dan ilmu baru baik dari beasiswa, ujian tryout dan peragaan alat-alat iptek.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s